cinta rupiah

Peduli Rupiah Ketika Hujan #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Memasuki bulan Desember intensitas hujan semakin banyak di berbagai kota di Indonesia. Hujan deras dan gerimis bisa berlangsung sepanjang hari. Intensitas hujan yang begitu tinggi akan mempengaruhi setiap kegiatan masyarakat. hal yang pasti terjadi hujan membuat barang-barang yang kita bawa ketika beraktivitas menjadi basah, salah satunya adalah lembar rupiah yang selalu digunakan untuk bertransaksi.

Sangat sering dijumpai lembar rupiah tersebut menjadi basah dan lusuh terkena air hujan. Pemerintah sudah menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga rupiah dengan baik sebagai bukti cinta terhadap Indonesia, dengan cinta rupiah. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga rupiah adalah dengan tidak melipat, mensteples, mencoret dan meremas. Kecerobohan seperti itu membuat uang rupiah menjadi cepat rusak. Semua hal itu perlu dilakukan untuk menjaga agar kualitas rupiah tetap terjaga dengan baik.

Uang rupiah merupakan barang yang sangat cepat berpindah tangan dan terkena beragai macam kondisi. Tidak jarang perilaku masyarakat justru menjadi salah satu penyebab rupiah menjadi mudah rusak dan lusuh. Apalagi disaat musim hujan seperti ini kita juga harus menjaga rupiah agar tidak basah dan mudah rusak, khususnya uang kertas yang rentan ketika terkena air.

Uang dengan pecahan kecil terkena dampak yang paling besar. Misalnya ketika membeli gorengan atau jajanan di pinggir jalan, membayar transportasi umum, membeli makan, yang semua hal itu dilakukan ketika hujan akan menjadikan uang rupiah menjadi basah. Semakin sedikit nominal mata uang yang digunakan maka perlakuan kita akan semakin sembrono seakan lembaran tersebut tidak terlalu berharga sedangkan untuk pecahan besar seperti 50.000 hingga 100.000 akan diperlakukan dengan lebih hati-hati.

Perilaku masyarakat kebanyakan sangat kontras ketika memiliki mata uang asing. Lembaran Dollar akan terlihat sebagai mata uang yang sangat berharga dan perlu disimpan dengan baik ditempat yang aman dan layak. Kita sangat berhati-hati menggunakan uang tersebut. Tapi perlakuan yang berbeda justru diterima oleh rupiah. Seharusnya kita memperlakukan rupiah jauh lebih hati-hati daripada mata uang asing, mencintai rupiah seperti mencintai negara ini. Menjaga rupiah layaknya hal itu merupakan salah satu cara untuk menjaga kedaulatan bangsa. Menjaga keadaan uang dengan baik juga menjadi salah satu cara untuk menghemat anggraan dana untuk mengganti mata uang yang tidak layak tersebut dengan yang baru. Jadi mari kita sayangi setiap lembar rupiah yang kita miliki.

 

foto onlineclock

(Visited 49 times, 1 visits today)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *