anak cinta rupiah

Mengenalkan Anak Agar #CintaRupiah

Cinta rupiah – Mengenalkan dan melibatkan anak dalam mengenal rupiah merupakan kewajiban bagi setiap orang tua. Proses pengenalannya bisa dimulai sejak anak bisa diajak berkomunikasi dua arah. Dan ia mengerti secara sederhana apa yang kita bicarakan. Tak hanya itu, sebetulnya, saat orang tua bertransaksi, anak mampu menyerap dengan melihat apa yang kita lakukan dan mendengar apa yang kita sampaikan pada penjual.

Bagaimana orang tua menghargai sebuah nilai mata uang, anak akan menyerapnya langsung saat itu juga. Dengan anak melihat transaksi yang dilakukan orang tuanya menggunakan nilai mata uang rupiah, artinya orang tua sedang memberikan pengalaman baru yang di dalamnya terjadi proses pengenalan rupiah pada anak.

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan para orang tua dalam mengenalkan sebuah nilai rupiah pada anak. Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa memberikan pilihan proses pembelajarannya.

1. Bermain peran penjual dan pembeli
Anak itu peniru ulung. Apa yang ia lihat dan ia dengar, akan diikuti dan dilakukan. Baginya, semua dia lihat itu baik karena orang dewasa melakukan hal seperti itu. Maka bermain peranlah menjadi penjual atau pembeli yang baik. Orang tua bisa menyiapkan uang mainan dengan nominal yang sama yang kita gunakan di lingkungan yang sesungguhnya.

2. Hargai nilai tukar transaksi dengan menjaganya tidak terlipat atau sobek
Saat bermain peran, orang tua mencontohkan melakukan pembayaran sebagai pembeli misalnya, dengan tidak melipat uang. Dan meminta anak untuk menyimpannya juga dengan tidak melipat uang kertasnya.

3. Kenalkan angka dan nilai tukar rupiah pecahan terkecil pada anak Belajar mengenal angka bisa juga dilakukan saat orang tua bermain peran penjual dan pembeli. Kenalkan dengan angka pecahan terkecil terlebih dahulu. Bila anak sudah faham, bisa ditambahkan dengan pecahan di atasnya.

4. Bagi anak yang sudah mengerti nilai pecahan rupiah, libatkan ia untuk bertransaksi ke kasir dengan didampingi orang tua tau orang dewasa lainnya.

5. Biasakan anak untuk menabung saat mendapatkan uang pecahan dengan nominal tertentu. Misalkan saat anak mendapatkan uang koin pecahan Rp 500 maka libatkan anak untuk menyimpannya dalam celengan yang telah disediakan di rumah.

 

foto infobekasi

(Visited 46 times, 1 visits today)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *