Mengajari anak menabung dengan uang logam #CintaRupiah

mengajari anak menabung

Cinta Rupiah – Kebiasaan menabung harus ditanamankan sejak dini, agar ketika dewasa anak terbiasa untuk menyimpan dan mengelola uang dengan baik. Mengenalkan dan membiasakan anak untuk menabungadalah salah satu kewajiban orang tua. Selain menabung orang tua juga harus mengenalkan uang dan makna uang kepada anak-anak agar ketika dewasa mereka lebih bijak dalam menggunakan dan mengartikan uang.

Dengan cara ini, anak akan mengerti apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengelola keuangan. Anak akan lebih bijak dalam mengambil berbagai keputusan di dalam pengelolaan keuangan sehingga dapat mengelolanya dengan baik dan benar. Anak juga akan terhindar dari sikap boros dan terlalu berlebihan dalam memaknai uang. Uang logam merupakan salah satu jenis uang yang bisa digunakan untuk anak-anak.

 

Beberapa metode yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajari anak tentang uang adalah sebagai berikut.

Kenalkan Anak dengan Uang Sejak Dini
Bangun rasa cinta rupiah pada anak dan rasa bangga kepada Rupiah. Ceritakan mengenai sejarah Rupiah, tokoh pahlawan, tari, atau destinasi wisata yang ada pada uang. Dengan memperkenalkan anak pada Rupiah bisa membangun rasa Cinta pada Rupiah.

Jelaskan Kepada Anak Tentang Kebutuhan dan Cara menghitung Uang
Agar anak mampu memahami apa yang mereka butuhkan dan menyesuaikan dengan jumlah uang yang dimiliki. Dengan memahami kebutuhan dan jumlah uang anak akan lebih bijak dalam membelanjakan uang.

Kenalkan Anak Pada Tujuan Menabung
Berikan gambaran kepada anak bahwa dengan menabung bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Menabug juga melatih kesabaran, mandiri, dan disiplin sehingga anak tidak hanya meminta uang kepada orang tua mereka bisa mandiri untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Memulai Menabung
Untuk anak kecil yang masih riskan ketika memegang uang kertas, menabung di rumah bisa menggunakan uang logam. Uang logam terlihat banyak dan lebih awet disimpan dalam tempat tertutup seperti celengan plastik atau logam. Setelah anak rajin menabung orang tua bisa membuatkan buku tabungan untuk menyimpan uang yang lebih banyak. Misalkan ketika celengan sudah penuh uang tersebut dapat dipindahkan ke tabungan di bank.

 

foto abi.org

(Visited 93 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *